Samsung Galaxy J5 yang belum lama tersedia di Indonesia secara resmi ini mendapatkan respon yang sangat antusias dari masyarakat kita. Setelah beberapa bulan lalu Samsung memperkenalkan Galaxy J1 sebagai seri J termurah, Galaxy J5 ini hadir dengan spesifikasi yang tentunya lebih baik. Harga Galaxy J5 pun masih cukup menarik dibanding spesifikasi Samsung J5 yang diusung.

Banyaknya pilihan smartphone seringnya membuat kita bingung mau pilih yang mana. Nah, Galaxy J5 ini sudah bisa menjawab kebutuhan fitur dan spesifikasi kebanyakan pengguna smartphone pada umumnya. Dengan harga yang masih di kisaran 2 jutaan atau di bawah 3 juta rupiah, value Galaxy J5 cukup tinggi. Seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini, simak ulasan lengkapnya berikut.

Galaxy J5 secara singkat membawa spesifikasi dan fitur sbb;

  • GSM/HSDPA/LTE – Dual SIM
  • Super AMOLED Screen 16 Juta warna, 5.0 Inch 720 x 1280 px 294 ppi
  • Android Lollipop v5.1
  • Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • Adreno 306
  • 8 GB Internal Storage
  • microSD Slot up to 128 GB
  • 1.5 GB RAM
  • WiFi b/g/n, WiDi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB v2.0
  • 13 MP Primary Camera with Autofocus and LED Flash, 1080p Video Recording
  • 5 MP Front Camera with LED Flash
  • 2600 mAh Battery
  • 146 gram, 142.1 x 71.8 x 7.9 mm

Untuk memudahkan, mari kita bahas terlebih dahulu fitur yang menjadi kelebihan Samsung Galaxy J5.

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-J5

Kelebihan Samsung Galaxy J5

Layar Berkelas

Samsung kini menggunakan layar Super AMOLED hampir di semua seri Galaxy-nya. Mulai dari seri S, Note, A, E, dan untungnya hingga ke seri J untuk J5 ini. Layar Super AMOLED memiliki brightness dan contrast yang relatif lebih baik dibanding layar jenis LCD. Dengan layar jenis ini, Galaxy J5 akan tetap memberikan tampilan yang jelas meski digunakan di luar ruangan bahkan di bawah terik matahari. Resolusi HD tentunya bukan masalah bagi pengguna pada umumnya.

Hardware Memadai

CPU, GPU, RAM, dan internal storage-nya sudah mencukupi untuk banyak jenis aktivitas di smartphone. Mulai dari chatting, browsing, multimedia, hingga gaming, bisa dilakukan dengan nyaman di Galaxy J5. Untuk menyiasati kapasitas 8 GB pada internal storage-nya, akan lebih mudah jika kita menambahkan kartu memory microSD.

Fitur Kamera Berkualitas

13 MP di belakang dan 5 MP di depan, tentu sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan fotografi dan hobi selfie. Kedua kamera tsb pun dilengkapi dengan LED Flash untuk membantu mengambil gambar di kondisi kurang cahaya.

Fitur Konektivitas dan Network Lengkap

Galaxy J5 memiliki hampir semua fitur jaringan yang sering digunakan, tiadanya koneksi NFC nampaknya cukup dimaklumi untuk rentang harga Galaxy J5. Di Indonesia, bundle dengan Bolt pun menguntungkan, tak perlu khawatir karena bundle ini tidak locked.

Baterai Besar

Bobot di bawah 150 g dan ketebalan tidak sampai 8 mm ternyata tetap bisa menyimpan baterai yang kapasitasnya cukup besar yakni 2600 mAh. Memang tidak terlalu impresif tapi setidaknya lebih baik dibanding beberapa seri lainnya.

Okay, setelah bicara tentang yang unggul dari spesifikasi Samsung Galaxy J5, lalu apa yang menjadi kelemahan Galaxy J5?

Kelemahan/ Kekurangan Samsung Galaxy J5

Cukup sulit mencari kekurangan dan kelemahan Galaxy J5 jika dibandingkan dengan Galaxy seri lainnya. Namun tentunya tidak ada produk yang sempurna.

Kelemahan dan kekurangan Galaxy J5 menurut PMC antara lain sbb;

Harga Terlalu Dekat dengan Galaxy A3 dan E5

Memang tidak secara otomatis membuat J5 ini tidak layak dibeli, namun konsumen akan cukup bingung terutama yang tidak membutuhkan LED Flash di kamera depan dan resolusi kamera tinggi.

Storage Internal Kurang Besar

Dengan internal storage 8 GB, sebenarnya kemungkinan menemui masalah ketika menginstall aplikasi, cukup kecil. Namun tetap saja, kapasitas yang tersisa yang hanya sebagian ini tidak bisa memberikan keleluasaan penggunanya untuk install banyak aplikasi dan menyimpan data di penyimpanan internalnya.

Banyak Rival yang Lebih Tangguh

Bicara hardware, di rentang harga yang mendekati 3 juta ini, rivalnya rata-rata dibekali komponen yang lebih ‘kencang’. Jika Anda membutuhkan performa lebih untuk gaming misalnya, mungkin bisa pertimbangkan dahulu pilihan dari rival J5 seperti Xiaomi Note 2 atau Lenovo A7000 misalnya.

Verdict; Seperti dikatakan di awal, hadirnya Galaxy J5 ini menutup kebutuhan pengguna smartphone pada umumnya. Layar berkualitas, fitur lengkap dan berkelas, sudah cukup menjadi alasan kita untuk meminang Galaxy J5. Adapun kekurangannya, jika dirasa cukup berpengaruh, maka smartphone ini mungkin tidak cocok untuk Anda.

LEAVE A REPLY