Meski membawa label nama “Note”, jangan berharap smartphone ini memiliki stylus seperti halnya Note series dari Samsung. Label Note biasanya digunakan oleh beberapa vendor untuk smartpone layar lebih lebar dengan kode nama yang mirip dengan yang berlayar lebih kecil. Redmi Note misalnya…

Lenovo juga punya seri Note, salah satunya adalah Lenovo Vibe K4 Note.

Lagi-lagi, label Note biasanya langsung mengingatkan kita pada hal yang serius, bisnis, produktivitas, tidak begitu dengan Vibe K4 Note karena smartphone ini ternyata fokus ke sektor multimedia. Apa saja bekalnya?

Harga Lenovo Vibe K4 Note

Harga Vibe K4 Note relatif masih terjangkau bagi banyak kalangan. Smartphone ini dijual dengan harga Rp 2.899.000 atau sedikit di bawah 3 juta. (Daftar Harga HP Lenovo). Di kisaran harga ini, rival terkuatnya antara lain Xiaomi Redmi Note 3, Samsung Galaxy J5, LG G4 Stylus (yang lebih cocok menyandang seri Note), Zenfone 2, dan beberapa pilihan lainnya.

Spesifikasi Lenovo Vibe K4 Note

Apa saja yang dibawa oleh smartphone ini untuk bersaing dengan para rivalnya?

Desain dan Layar

Di sektor ini, kami setuju untuk memberikan dua jempol untuk Vibe K4 Note. Smartphone ini menggunakan frame metal, itu sudah cukup untuk memuaskan kami meski material cover hanya sejenis plastik polycarbonate. Cover ini bisa dilepas untuk mengakses slot kartu SIM dan microSD, namun baterainya tetap non-removable alias tidak bisa dilepas dengan mudah. Desain luarnya menurut kami sangat menarik dan tak membosankan. Dimensnya berada di ukuran 153.6 x 76.5 x 9.2 mm dengan bobot 158 gram, relatif ringan untuk specs yang dibenamkan.

Harga Lenovo Vibe K4 note 2016

Ukuran layar 5.5 inci jenis IPS dilapisi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Resolusi layar tsb sudah FHD 1080 x 1920 piksel yang menghasilkan kerapatan piksel sekitar 401 ppi. Soal layar, smartphone ini sudah masuk kelas menengah ke atas dengan tampilan yang berkualitas di kelasnya, brightness pun terbilang tinggi, begitu juga contrast-nya. Vibe K4 Note menggunakan OS Android Lollipop sebagai standarnya dengan balutan Vibe UI khas Lenovo.

Fingerprint Sensor

Lenovo Vibe K4 Note warna Putih

Meski bandrol smartphone ini masih berkisar di bawah 3 juta, namun kita sangat beruntung Lenovo mau berbaik hati membekali smartphone ini dengan sensor Fingerprint. Sensor ini tentu sangat bermanfaat untuk mengamankan ponsel kita dari tangan jahil secara mudah dan efisien. Selain untuk unlock, Fingerprint reader-nya juga bisa digunakan untuk mengambil foto pada beberapa mode.

VR TheaterMax

Nah, ini salah satu kelebihan Vibe K4 Note dibanding rivalnya. Dalam kondisi standar, smartphone ini sudah dioptimasi untuk menampilkan mode VR dan bisa langsung dengan mudah kita nikmati dengan perangkat VR. Dalam paket penjualannya (mungkin tidak semua), K4 Note juga dibekali VR device dari AntVR sehingga smartphone ini siap untuk memanjakan kita untuk menonton film dengan pengalaman yang berbeda.

Lenovo juga membekali K4 Note dengan dua speaker (stereo) di bagian atas layar dan di bagian bawahnya serta didukung oleh teknologi Dolby Atmos yang bisa membantu menghasilkan suara lebih wow dari speakernya. Fitur ini menegaskan, K4 Note memang untuk multimedia.

Spesifikasi Lenovo Vibe K4 Note

Capable Camera dengan Fitur Standar

Di bagian belakang body, Vibe K4 Note dibekali kamera resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 didukung oleh fitur Dual LED Flash dan Phase Detection Autofocus. Kamera ini juga dapat merekam video pada resolusi FHD 1080p 30 fps. Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP dengan aperture yang juga f/2.2.

Selain melalui tombol shutter di layar, mengambil foto dapat dilakukan juga dengan tombol volume atau fingerprint reader.

Melihat hasil foto Lenovo Vibe K4 Note (Sample Image), terlihat sudah memuaskan di kelas harga 2-3 juta. Hasil fotonya tajam dengan detail yang kaya sehingga sudah mencukupi untuk mendokumentasikan event sehari-hari. Sedangkan kamera selfienya, meski sudah cukup baik, namun tidak seimpresif kamera utamanya.

Hasil rekam video dengan resolusi maksium Full HD 1080p dan frame rate 30 fps menghasilkan video yang sudah sangat baik di kelasnya. Terlihat tajam dan detail. Ditambah dengan 3 microphone (dengan fungsi khusus), hasil audionya sudah stereo dengan kualitas yang sangat lumayan.

Hardware Performance

Menggunakan chipset dari MediaTek MT6753 Octa-core 1.3 GHz, GPU Mali-720MP3, RAM 3 GB, serta internal storage 16 GB, performa Vibe K4 Note sebenarnya sudah cukup baik untuk menjalankan berbagai macam apps. Pengujian dengan benchmark AnTuTu, Lenovo Vibe K4 Note mendapatkan score sekitar 38 ribu. Menimbang harga yang di bawah 3 juta, kami rasa performa smartphone ini tergolong lumayan meski belum impresif. Namun untuk Anda yang maniak gaming, smartphone ini agak lemah di sektor graphics khususnya gaming.

Network & Connectivity

Bagian atas dan bawah Lenovo Vibe K4 Note

Di sektor ini, K4 Note juga terbilang lengkap fiturnya. Selain dukungan 4G LTE dan Dual SIM, smartphone ini dibekali fitur konektivitas yang lengkap. Mulai dari Bluetooth, WiFi, WiFi hotspot, microUSB, GPS, FM Radio, hingga NFC untuk transfer data lebih cepat.

Baterai 3.300 mAh

Desain Semi Unibody Lenovo Vibe K4 Note

K4 Note menggunakan baterai jenis Li-Polymer dengan kapasitas yang mendukung layar besar serta specs yang dibawa. Berdasarkan pengujian, Vibe K4 Note dapat bertahan hingga 9 jam untuk digunakan browsing web atau menonton video. Jika digunakan secara normal, kita bisa dapatkan daya tahan hingga 2 hari. Namun jika sering digunakan untuk akses internet, setiap hari nampaknya kita harus selalu men-charge. Sayangnya, untuk mengisi ulang baterai belum disediakan fitur fast charging.

OVERALL

HP Multimedia Lenovo Vibe K4 Note

Jika melihat seluruh specs dan fitur dari Vibe K4 Note, nampak bahwa Lenovo sedikit kompromi pada sektor hardware dan performa demi menyediakan fitur-fitur yang WOW di kelasnya. Tak diragukan, soal multimedia, smartphone ini menyediakan fitur yang lengkap. Kamera utamanya juga sudah termasuk berkualitas. Layar superb, stereo speaker, dukungan VR, Fingerprint, bandrol 2,9 juta rupiah sangat masuk akal dan worth it untuk menebus Lenovo Vibe K4 Note ini.

Tak banyak kelemahan yang dimiliki, selain performa yang sedikit kurang gahar dibanding beberapa rival, kamera selfie mungkin akan mengecewakan sebagian yang sudah terbiasa dengan kamera selfie berkualitas. Selebihnya, cukup impresif. Overall… Lenovo Vibe K4 Note sangat layak dibeli…

SHARE

LEAVE A REPLY