Sony mungkin sedang dalam masa transisi. Pabrikan Jepang tersebut memutuskan untuk hengkang dari pasar ponsel kelas premium, atau lebih tepatnya ultra high-end. Lini ponsel Z series yang selama empat tahun belakangan jadi andalan mereka kini dihilangkan. Sony kini memiliki gagasan baru, yakni untuk menghadirkan spesifikasi premium yang “dicukur sedikit” dengan harga yang lebih rendah namun masih menjunjung keinginan konsumen papan atas. Spesifikasi tersebut, tergambar dari ulasan Sony Xperia X di bawah ini.

Xperia X adalah ponsel generasi terbaru dari Sony yang mencontoh gagasan premium-menengah. Jika lini Xperia Z sebelumnya sudah mengusung layar beresolusi 4K, namun pada Xperia X berukuran 5 inci ini, konsumen hanya akan mendapati resolusi 1920 x 1080 piksel. Alih-alih mengusung prosesor Qualcomm termutakhir (Snapdragon 820), Sony mundur selangkah dengan menghadirkan Snapdragon 650.

RAM yang diusung juga lebih kecil dari RAM yang kini lazim ditawarkan oleh ponsel papan atas, yakni hanya 3 GB. Mungkin, insinyur Sony beranggapan ukuran RAM 4 GB atau 6 GB belum terlalu dibutuhkan dan malah membuat boros.

Satu hal yang menarik adalah keputusan Sony untuk memilih mempertahankan kekuatan senjata khas mereka, yakni kamera. Kamera pada Xperia X memiliki resolusi masing-masing 23 megapiksel (belakang) dan 13 megapiksel (depan). Ponsel ini memiliki resolusi kamera tertinggi bahkan jika dibandingkan ponsel kompetitor yang bermain di kelas premium teratas. Sayangnya, kamera ini, meskipun tidak lagi diragukan ketajaman gambarnya, belum mampu merekam video 4K.

Sejatinya Xperia X adalah ponsel yang menggabungkan komponen premium dan kelas menengah. Kualitas kerangkanya sangat solid, terasa kokoh dan benar-benar merepresentasikan ponsel yang ditujukan untuk konsumen dengan anggaran lebih.

xperia-x

Ponsel ini ditenagai baterai berkapasitas 2620 mAh dengan fitur Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi 60 persen kapasitas total baterai dalam waktu 30 menit. Penyimpanan internalnya dapat dipilih antara 32 dan 64 GB, yang masih bisa diperluas menggunakan microSD hingga kapasitas 256 GB.

Sony menawarkan beragam varian warna mencolok, seperti Putih, Graphite Black, Lime Gold, dan Rose Gold dengan harga mulai 7 jutaan rupiah.

Bagi yang membutuhkan performa dan fitur lebih lengkap, Sony juga menawarkan versi Performance dari Xperia X. Selain prosesor lebih bertenaga, sertifikasi tahan air pun dimiliki Xperia X Performance.

SHARE

LEAVE A REPLY