Sony Xperia E5 akhirnya resmi masuk menjadi tipe baru smartphone Sony setelah sebelumnya muncul beberapa bocoran.

Harga Xperia E5 kabarnya berada di kisaran €199 atau kalau dirupiahkan akan berada di kisaran 2,8 – 3 juta rupiah. Namun tentu masih ada kemungkinan lebih murah dari angka tsb.

Sekilas bandrol tsb terlihat terlalu mahal untuk smartphone yang menggunakan chipset MediaTek MT6735. Namun kalau kita lihat lebih dalam, fitur dan spesifikasi yang diusung Xperia E5, apakah harga tsb bisa menjadi masuk akal. Mari kita ulas.

Layar Xperia E5 menggunakan diagonal 5.0 inch resolusi HD 720 x 1280 piksel jenis IPS display. Resolusi tsb menghasilkan kerapatan piksel sekitar 294 ppi. Xperia E5 juga sudah dibekali jaringan 4G LTE untuk akses internet lebih cepat untuk mendampingi jaringan 3G HSPA dan 2G EDGE/GPRS. OS yang digunakan juga sudah yang terbaru yakni Android Marshmallow.

Di dalam, dapur pacu yang digunakan adalah Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T720MP2 dari chipset MediaTek MT6735. Chipset ini sudah sangat sering kita jumpai di banyak smartphone dengan harga mulai 1 hingga 2 jutaan. Soal performa, sudah terbukti bisa menjalankan banyak jenis aplikasi tanpa masalah.

Memory RAM yang digunakan berkapasitas 1.5 GB dengan storage 16 GB dan mendukung microSD hingga 200 GB. Slot microSD ini terpisah dari slot SIM Card alias bukan hybrid. Banyak smartphone yang menggunakan kapasitas RAM 2 bahkan 3 GB di rentang harga 1-2 jutaan tidak lantas menjadikan Xperia E5 overprice karena rival sejatinya adalah LG dan Samsung, yang seperti kita tahu, juga masih menggunakan kapasitas yang setara.

Spesifikasi-Sony-Xperia-E5

Fitur fotografinya tersedia kamera resolusi 13 MP di belakang dengan autofocus dan LED flash dan 5 MP di depan yang juga dibekali LED flash. Tidak banyak yang membekali flash di bagian depan sehingga fitur ini menjadi salah satu keunggulan Xperia E5, terutama bagi pecinta foto selfie.

Fitur konektivitasnya relatif standar seperti WiFi a/b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1 with A2DP, GPS, NFC, FM Radio, dan microUSB v2.0. Yang perlu digarisbawahi adalah fitur NFC dimana hanya sedikit vendor yang mau memberikan fitur ini di smartphone murahnya.

Sebagai penopang dayanya, Xperia E5 membawa baterai kapasitas cukup besar yakni 2700 mAh. Baterai ini diklaim dapat bertahan hingga 2 hari untuk penggunakan normal. Melihat sepak terjang Xperia selama ini, klaim tsb rasanya cukup meyakinkan. Kapasitas tsb juga meningkat sekitar 400 mAh dibanding gen sebelumnya.

Fitur-Kelebihan-Xperia-E5

Dengan spec yang diusung tsb, Xperia E5 memiliki bobot 147 g dan dimensi 144 x 69 dengan ketebalan 8.2 mm.

Sekarang, mari kita pertimbangkan lagi, apakah bandrol 200 EUR atau sekitar 2,8/3 juta terlalu mahal untuk Xperia E5.

Apa yang unggul dari Xperia E5?

  • Baterai 2700 mAh, lebih besar dibanding banyak smartphone di rentang 2 jutaan yang masih tidak jauh dari kisaran 2000 mAh. Kecuali beberapa smartphone dari Xiaomi dan Infinix.
  • Lampu LED flash untuk kamera depan.
  • Android Marshmallow dimana hanya rival dari vendor populer yang menyamai.
  • Desain menarik, simpel elegan.

Pesaingnya ada siapa saja?

Rival kuat Xperia E5 cukup banyak. Di rentang harga 2 jutaan, rival terkuat adalah Galaxy J3, LG K8/K10, LG Stylus 2, Asus Zenfone Max, Lenovo Vibe K4 Note, Xiaomi Redmi 3 Note, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan kelebihan yang dimiliki Xperia E5 dibanding specs lain yang masih setara bahkan di bawah para rival, PMC sangat berharap bandrol Xperia E5 tidak lebih dari 2,5 juta rupiah ketika masuk Indonesia. Di atas itu, terlalu sulit untuk mengabaikan alternatif yang lebih baik. Kecuali jika Anda fans Sony.

Source

LEAVE A REPLY