Setelah lama produk Nokia seakan ‘mati’ di pasaran smartphone, hari ini Nokia meluncurkan produk terbarunya yang sebelumnya sudah tersebar teaser sebuah box hitam. Produk terbaru Nokia ini ternyata di luar dugaan banyak pengamat gadget yang diduga adalah sebuah device multimedia center, TV, dsb.

Nokia-N1-with-BoxTernyata di dalam box hitam pada teaser adalah sebuah tablet Android terbaru Nokia yang dinamakan N1. Nokia N1 menggunakan sistem operasi Android OS 5.0 Lollipop dengan Nokia Z Launcher. Untuk Anda yang masih ingat, N series adalah nama untuk produk teratas Nokia yang ditujukan untuk multimedia. Bagaimana dengan Nokia N1?

Spesifikasi-Nokia-N1Desain Nokia N1 bagi banyak orang tampak sangat mirip dengan iPad dan iPhone 6, namun pada dasarnya desain Nokia N1 juga mirip dengan salah satu seri Lumia. Lagipula meski mirip iPad jika desain dan performanya baik, tentu konsumen lebih menyukai dibanding desain yang terlalu boxy.

Nokia-N1-with-Z-LauncherNokia N1 menggunakan desain Unibody material aluminum dan tersedia dalam dua pilihan warna. Layar yang digunakan berdiagonal 7.9″ resolusi 2048 x 1536 (4:3) berjenis IPS LCD dan dilengkapi proteksi Gorilla Glass 3. Prosesor yang digunakan adalah Intel Atom Z3580 64-bit 2.3 GHz yang diklaim memiliki performa tangguh. GPU Nokia N1 menggunakan PowerVR G6430 dan besar RAM 2 GB. Penyimpanan data hanya tersedia internal storage 32 GB tanpa adanya slot microSD.

Harga-Nokia-N1Nokia N1 dilengkapi kamera belakang beresolusi 8 MP dengan autofocus dan kamera depan 5 MP fixed-focus. Untuk urusan multimedia, Nokia N1 dibekali stereo speaker yang terletak di bagian bawah body. Fitur konektivitas tersedia Dual channel 802.11a/b/g/n/ac Wi-Fi with MIMO, Bluetooth 4.0, dan Micro-USB 2.0 with a Type-C reversible connector. Penopang daya Nokia N1 menggunakan baterai kapasitas 5300mAh.

Dengan layar 7.9″ tsb, Nokia N1 berdimensi 200.7 mm x 138.6 mm dengan ketebalan hanya 6.9 mm. Bobot Nokia N1 pun relatif ringan dikelasnya yakni 318 gram. Dari desain dan spesifikasi yang diusung Nokia N1, sulit rasanya untuk mengatakan bahwa Nokia N1 tidak mirip dengan iPad.

Info-Nokia-N1

Nokia N1 akan mulai dijual di China pada Februari 2015 dengan harga mulai dari $249. Kemungkinan jika respon pasar terhadap Nokia N1 bagus, akan ada versi lain yang lebih mahal, misalnya dengan kapasitas penyimpanan internal lebih besar atau dengan fitur network yang lebih lengkap. Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

LEAVE A REPLY