Bicara Smartfren Andromax, maka kita bicara smartphone bagus dengan harga lebih murah dibanding vendor lain. Semua smartphone dari vendor Smartfren rata-rata berharga terjangkau dibanding rivalnya. Salah satu faktornya tentu karena selain device, layanan telekomunikasi dan internet adalah jualan utama perusahaan ini.

Salah satu Andromax terbaru dari Smartfren di awal tahun 2016 adalah Andromax R2 yang diperkenalkan berbarengan dengan Andromax E2. Keduanya mendukung teknologi VOLTE atau Voice Over LTE.

Pernah gak sih ngerasain kalo lagi internetan terus ada telpon masuk, maka aktivitas internet kita terhenti? Nah itu tidak terjadi dengan penggunaan VOLTE ini. Kita masih bisa menggunakan internet selagi bertelponan. Panggilan suara atau video pun berjalan pada jaringan LTE. 2 keunggulan lain dari VOLTE selain dapat menelpon dan internet bersamaan yaitu kualitas suara yang lebih jernih dan waktu tunggu panggilan yang lebih cepat dibanding panggilan biasa. Tarif VOLTE untuk sesama Smartfren (Maret 2016) adalah Rp 240/menit untuk 3 menit pertama lalu Rp 5/detik (Rp 300/menit) untuk menit selanjutnya. Sedangkan untuk menelpon ke operator lain, tarifnya Rp 900/menit untuk 3 menit pertama, lalu Rp 18/ detik menit berikutnya (Rp 1080/ menit).

Paket penjualan seharga 1,7 juta rupiah tsb, sudah termasuk bonus Smartplan 2GB Kuota Utama + 6GB Internet Malam + 10 Menit Telpon ke Operator lain + 100 SMS.

Harga Andromax R2

Smartfren-Andromax-R2

Perangkat yang mendukung VOLTE saat ini ada dua yaitu Andromax R2 untuk seri lebih mahal dengan harga Rp 1.699.000,-. Sedangkan versi terjangkaunya adalah Andromax E2 dengan harga 900 ribu rupiah. Di artikel ini, kita akan bahas lebih detail tentang Smartfren Andromax R2 yang terlihat sangat keren ini. Apakah harga 1,7 juta tsb layak untuk spesifikasi dan fitur yang diusung Andromax R2?

Fitur dan Spesifikasi Andromax R2

Smartfren-Andromax-R2-Semua-sisi

Tanpa melihat spesifikasi, dari luar saya kira Anda tidak akan sulit untuk menyukai Smartfren Andromax R2.

Desain Stylist dan Frame Metal

Itu karena desain Andromax R2 ini sangat keren dan tidak kalah dengan banyak smartphone lain dengan harga di atasnya. Frame berbahan metal juga membuat body Andromax R2 lebih solid dan tampak mewah. Bagian depan Andromax R2 ini tampak bersih dari logo. Hanya ada layar, 3 tombol kapasitif di bawah layar, dan earpiece yang diapit kamera depan dan LED flash di bagian atas layar.

Harga-Smartfren-Andromax-R2

Layar Andromax berjenis IPS OGS dengan ukuran diagonal 5.0-inch dan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Layar ini dilapisi dengan Dragontrail Glass. OS Android yang digunakan masih versi Lollipop.

Hardware Berperforma Cukup Tinggi

Untuk harga 1,7 juta rupiah, spesifikasi dan komponen utama yang digunakan Andromax R2 sudah terbilang tinggi untuk saat ini. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 415 dengan jumlah inti sebanyak 8 (Octa-core) dan clockspeed 1.4 GHz. Performanya berada di antara Snapdragon 410 dan Snapdragon 615. Memory RAM yang dibawa sudah berkapasitas 2 GB dimana sudah mencukupi untuk aktivitas pada smartphone. Dengan Adreno 405 GPU juga kita bisa menjalankan banyak game dengan lebih nyaman dan lancar. Penyimpanan datanya sebesar 16 GB yang didukung dengan slot microSD hingga 32 GB. Kapasitas baterainya sebesar 2320 dimana cukup lumayan namun saya personal berharap bisa lebih besar lagi.

Dual Camera, Triple Flash

Smartfren tetap mempertahankan lampu flash pada kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP dan mendukung Hand Motion Control untuk memudahkan mengambil foto selfie. Lensanya juga memiliki sudut lebar untuk menangkap foto lebih luas.

Bagian-Belakang-Andromax-R2Di belakang, tersedia kamera resolusi 13 MP yang menggunakan sensor BSI dan juga mendukung Hand Motion Control.  Selain fitur autofocus, kamera juga dilengkapi dua LED flash (dual tone). Kamera ini juga bisa merekam video resolusi HD 720p. Melihat sepak terjang smartphone Andromax sebelum-sebelumnya, kamera Andromax R2 memiliki potensi untuk mendapatkan kualitas foto yang baik. Tentu harus melalui pengujian dahulu untuk mengetahui hasil sebenarnya.

Network & Connectivity

Andromax R2 menggunakan jaringan dengan spec; CDMA 1x EVDO Rev A 850 MHz, GSM 900/1800/1900, WCDMA 2100, LTE TDD B40 FDD B5/B26. Selain mendukung SIM untuk 4G LTE with VOLTE, tersedia juga slot kedua untuk kartu GSM.

Fitur konektivitas relatif standar seperti WiFi b/g/n, Bluetooth v4.0, microUSB, dan USB OTG. Ponsel Android ini juga mendukung FM Radio.

Spesifikasi-Smartfren-Andromax-R2

Fitur lain yang disebut sebagai kelebihan Andromax R2 juga adalah dukungan fitur Dolby Digital Plus untuk menyajikan kualitas audio lebih baik. Belum ada info tentang sensor apa saja yang tersedia di smartphone ini.

Kelebihan & Kekurangan Andromax R2

Kelebihan: 

  • Harga relatif terjangkau
  • Performa mencukupi
  • Kamera cukup berkualitas
  • Desain keren

Kekurangan:

  • Well… it’s Smartfren, hanya cocok bagi Anda yang suka pada provider ini.
  • Beterai bisa sedikit lebih besar.

*Sumber data dan gambar; smartfren.com

Overall, untuk harga 1,7 juta, apa yang ditawarkan oleh Smartfren Andromax R2 sudah sangat memikat. Jika apa yang dimiliki Andromax R2 sesuai dengan kebutuhan Anda, smartphone ini layak untuk dimiliki. Jika tidak, silahkan cari banyak alternatif smartphone android lainnya, misalnya Oppo F1?

LEAVE A REPLY