Samsung, LG, dan Nokia sepertinya mendapat banyak perhatian dalam 10 hari terakhir. Vendor lain yang juga sangat ramai di perbincangan jagad internet khususnya topik smartphone adalah Xiaomi, Oppo, Huawei, Asus, Motorola, Sony, dan beberapa vendor lainnya.

Bisa dibilang, semua pabrikan ponsel sedang mempersiapkan beberapa produk andalan mereka untuk bertarung di semester pertama 2017 ini.

Kali ini PMC ingin mengumpulkan beberapa berita penting, namun lebih ke kabar singkat mengenai produk apa saja yang akan diluncurkan vendor-vendor smartphone, terutama yang memiliki kans besar untuk masuk ke Indonesia.

Samsung

Dari vendor raksasa Korea, tentu akan ada sang flagship Galaxy S8 yang rumornya akan diluncurkan lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Di akhir Februari nanti, sepertinya Samsung akan merilis Galaxy S8 di event MWC, ditemani jaoan lainnya; Galaxy Tab S3.

Galaxy S8 dibekali layar lebih besar namun dengan ukuran yang tidak bertambah signifikan dari S7. Screen-ratio kemungkinan juga berubah dari norm saat ini.

Galaxy Tab S3 dirumorkan akan dibekali dukungan S-Pen meski tidak built-in dalam body. Kabarnya S-Pen ini menjadi bonus dalam paket penjualan. Semoga ukurannya menjadi ideal seperti Apple Pencil ya.

LG

Sudah ada beberapa bocoran foto LG G6 yang besar kemungkinan akan dirilis di event MWC Barcelona 25 Februari nanti.

LG G6 menggunakan material body metal (jika berdasarkan bocoran) dengan finishing brushed. Dual-camera di belakang menjadi andalan G6 selain hardware yang tentu lebih tangguh. LG G6 dikabarkan juga memiliki sertifikasi IP68 tahan terhadap debu dan air meski sayangnya harus mengorbankan removable battery.

Nokia

Kabar tentang Nokia masih terfokus pada Nokia 6 yang sangat sulit dimiliki karena keterbatasan stock berbanding dengan membludaknya konsumen yang ingin membeli. Dalam hitungan menit, jika ada stock Nokia 6 muncul, langsung habis diorder konsumennya.

Rumor lainnya adalah akan hadirnya ponsel android Nokia yang lebih terjangkau dari Nokia 6. Selain itu, dirumorkan ponsel flagship Nokia juga akan hadir di event MWC nanti.

Xiaomi

Redmi Note 4X akan menjadi jagoan baru Xiaomi di kancah smartphone kelas menengah. Sayangnya belum banyak bocoran soal gajoan Xiaomi di kelas flagship.

Namun beberapa minggu lalu, Xiaomi Mi 6 dirumorkan akan diluncurkan “bersamaan” dengan flagship dari vendor lain. Sudah dirumorkan juga bahwa Mi 6 akan menggunakan bahasa desain yang mirip seperti Mi Note 2.┬áKabar lain dari Xiaomi adalah mulai tersedianya Mi Mix versi putih.

Huawei

Baru-baru ini muncul statistik terbaru bahwa Huawei tergeser ke nomor 2 dalam daftar vendor smartphone terbesar di China. Pelaku yang menggeser adalah Oppo. Kesuksesan Oppo F1 series di seluruh dunia sepertinya harus dipelajari oleh para rivalnya; Huawei, Vivo, dan Xiaomi. Oh iya, dan Lenovo juga.

Bocoran terbaru Huawei yang perlu Anda ketahui adalah munculnya Huawei P10 dalam sebuah brosur digital, dilengkapi keterangan spesifikasi utama dan harganya. Tidak, tidak ada kata murah untuk flagship Huawei.

Motorola

Moto G5 akan menjadi smartphone baru dari Motorola di kelas menengah. Sedangkan penerus Moto Z belum ada bocoran berarti. Bicara Motorola, sebenarnya kita bicara tentang Lenovo juga.

Asus

Kabar paling menarik bagi admin adalah mulai tersedianya Zenfone ZenPad 3S versi LTE. Tablet ini mendukung Stylus juga loh, seperti halnya iPad Pro, Galaxy A with S-Pen, dan Microsoft Surface. Namun banderol ZenPad 3S ini jelas lebih terjangkau, hanya setengah dari iPad Pro. Soal Zenfone 4 series, sayangnya belum ada rumor dan bocoran berarti.

Oppo

Pabrikan ponsel terbesar di China untuk saat ini. Sempat ada bocoran Oppo Find 9 yang akan hadir untuk menjadi tipe ponsel termahal Oppo. Seperti kita ketahui, Oppo seakan absen di kelas flagship 2 tahun terakhir ini. Find 9 tentunya akan dibekali spesifikasi terbaik di pasaran bersama flagship vendor lain. Bocoran dari Oppo lainnya adalah tentang kehadiran varian warna baru untuk smartphone andalan mereka.

Sony

Penerus Xperia XZ dan XA sepertinya tidak akan terlalu lama lagi dirilis ke pasaran. Meskipun untuk sampai Indonesia butuh waktu yang lebih lama lagi. Desainnya besar kemungkinan masih seperti khas Sony Xperia sebelumnya, mengotak. Kesannya sangat elegant dan berkelas.

Itulah kabar-kabar terbaru tentang ponsel dan tablet yang akan meluncur. Tentunya kabar di atas tidak mencangkup semua kabar yang ada. Hanya yang paling menarik dan/atau yang kemungkinan besar akan masuk Indonesia saja.

Kabar lain yang mencuat adalah dari Apple yang akan meluncurkan tablet terbaru mereka, lalu Galaxy J 2017 series yang mulai terkuak ke permukaan, dan BlackBerry yang akan merilis flagship mereka tidak lama lagi, besar kemungkinan di event MWC.  Semoga berguna.

SHARE

LEAVE A REPLY