Asus X450JF dengan seri WX023D adalah laptop tangguh kelas atas namun dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau di bawah 10 juta. Dengan prosesor dan graphics kelas atas, laptop ini siap untuk digunakan berbagai jenis komputasi dari ringan hingga yang serius dan level profesional. Dari mulai gaming, foto dan video editing, sampai designing 2D 3D, music production, dan sebagainya. Prosesor yang digunakan laptop ini merupakan prosesor yang setara dengan yang digunakan laptop gaming kelas 30 jutaan, jadi tidak ada yang perlu diragukan. Namun apakah spesifikasi lainnya juga kelas atas, mari kita bahas lebih dalam.

Harga Asus X450JF (WX023D)

Preview Asus X450JFLaptop ini berbandrol Rp 9.499.000,- dan belum dilengkapi dengan OS Windows Original sebagai standar paket penjualan. Beberapa toko menyediakan laptop ini dengan versi yang sudah dibekali OS ori sebagai standar. Dengan harga 9-10 jutaan, praktis tidak ada rival yang setara spesifikasinya dari merk lain. Alternatif dengan prosesor i7 dan graphics card yang juga cukup tangguh adalah HP Pavilion 14-N233TX.

Spesifikasi Asus X450JF (WX023D)

Desain Body

Laptop ini adalah salah satu dari X450 series sehingga desain yang digunakan pun masih mirip dengan X450 series lainnya yang berharga lebih murah. Desain laptop ini cukup bagus, tampak modern dan simpel, untuk Anda menginginkan desain lebih baik, Asus juga memiliki seri N yang harganya di atas 10 juta dan spesifikasi yang sedikit lebih baik. Laptop ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dari laptop kebanyakan. Keyboardnya menggunakan desain chiclet sehingga aman dari kemasukan benda-benda kecil, namun beberapa pengguna akan butuh adaptasi jika tidak biasa menggunakan keyboard desain ini.

Prosesor

Kelebihan kelemahan Asus X450JFProsesor yang digunakan adalah Intel Core i7-4700HQ Quad-core Hyperthreading 2.4 GHz – 3.4 GHz with Turbo Boost 6 MB Cache. Prosesor ini sedikit lebih baik dari i7-4700MQ yang lebih populer. Bisa dikatakan i7-4700HQ adalah salah satu yang tertinggi dari semua prosesor yang digunakan pada laptop yang beredar di Indonesia melalui distributor resmi. Seri lebih tinggi yakni i7-4800MQ juga digunakan pada beberapa laptop gaming kelas atas di Indonesia yang berharga lebih dari 30 juta.

Graphics Card

Asus X450JFUntuk urusan grafis, selain graphics card On Board HD Graphics 4600 yang sudah cukup tangguh, laptop ini juga dibekali graphics card dedicated NVIDIA GeForce GT 745M 2 GB yang performa hampir mendekati GeForce GT 650M. Semua game modern populer bisa dimainkan pada graphics card ini, hanya beberapa saja yang hanya mendapatkan fps di bawah 30 fps pada setting terendah. Beberapa game yang sanggup dimainkan antara lain; Battlefield 4, X-Plane 2013, Batman: Arkham Origins, Fifa 14, F1 2013, Dota 2, StarCraft II, Crysis 3, Call of Duty: Black Ops 2, Need for Speed: most Wanted, Sleeping Dogs, dll. Graphics card dari NVIDIA tsb menggunakan NVIDIA optimus, untuk Anda yang baru mengenal NVIDIA, teknologi ini untuk mengaktifkan graphics card hanya ketika dibutuhkan, jika tidak, maka graphics card on board HD Graphics 4600 yang akan digunakan. Dengan teknologi ini, baterai akan lebih tahan lama.

RAM

Sayang sekali RAM yang digunakan laptop ini juga seperti laptop kebanyakan yakni hanya 4 GB Single channel dan merupakan DDR3L (Low power) 1600 Mhz. Untuk prosesor dan graphics card yang tangguh, sebaiknya segera upgrade RAM menjadi 8 GB atau sesuai kebutuhan Anda hingga maksimal 16 GB. 4 GB ini pun pada dasarnya sudah sangat cukup untuk handle banyak program dan multitasking, hanya rasanya kurang seimbang dengan komponen lainnya.

LAYAR

Layar yang digunakan berukuran 14″ resolusi WXGA 1366 x 768 px dengan Asus Splendid Technology untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dan sesuai keinginan dengan pengaturan tertentu. Resolusi layar laptop ini termasuk standar seperti kebanyakan laptop dari harga termurah hingga 20 jutaan.

HDD/ DRIVE

Asus X450JF Spesifikasi

Untuk menyimpan berbagai data seperti lagu, dokumen, foto, film, game, dsb, laptop ini menggunakan hard disk dengan kapasitas cukup besar yakni 1 TB atau sekitar 1000 GB. Selain itu juga laptop ini masih dibekali DVD Drive internal sehingga tak perlu repot menggunakan Drive eksternal untuk menginstall software, game, memutar film, dll.

Spesifikasi Asus X450JF

SPESIFIKASI LAINNYA: Selain yang disebutkan di atas, laptop ini tentunya dibekali fitur wajib pada laptop termasuk WiFi, Bluetooth, HD Web Camera, Card reader, port 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, HDMI, VGA, Audio Jack, dan juga menggunakan Audio Sonic Master.

BATERAI

Harga Asus X450JFUntuk menopang seluruh daya, laptop ini menggunakan baterai 4-cell. Hal ini agak sedikit disayangkan karena laptop ini menggunakan komponen kelas atas yang membutuhkan daya tinggi. Untuk pemakaian standar seperti mengetik sambil mendengarkan lagu, laptop dapat bertahan 4-5 jam, pemutaran video HD 2-3 jam, sedangkan untuk game akan jauh lebih cepat masanya. Baterai laptop ini juga berada di dalam casing sehingga sulit untuk melepas baterai. Hal ini sebenarnya membantu untuk mengawetkan laptop Anda karena kebanyakan gamer akan melepas baterai ketika bermain dalam waktu yang lama kemudian hanya menggunakan adapter dari arus AC, yang sebenarnya bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya dan yang sering terjadi adalah motherboard menjadi rusak. Jadi, jangan copot baterai laptop Anda ketika digunakan!

Fitur Asus X450JFVERDICT: Laptop ini bukan sekedar laptop gaming meski menggunakan graphics card tangguh, karena prosesor yang digunakan adalah prosesor kelas atas yang sangat cepat dan cocok untuk digunakan komputasi kelas berat seperti designing, editing, dan sekelasnya. Oleh karena pengguna laptop ini kebanyakan adalah gamer, sedikit catatan sebaiknya Anda menggunakan cooling fan dengan kualitas yang cukup baik untuk mendinginkan laptop ini ketika digunakan untuk gaming. Seperti laptop gaming pada umumnya, laptop ini juga akan sangat panas ketika digunakan untuk gaming kelas berat.

Jika Anda tidak terlalu membutuhkan prosesor cepat yang ada pada laptop ini, ada alternatif lainnya dengan prosesor lebih rendah namun tetap dengan graphics card yang tangguh dan tentu saja harga lebih murah. Silahkan lihat pilihannya di “Pilihan Laptop Gaming Terjangkau“.

Kelebihan dan Kelemahan Asus X450JF (WX023D)

Kelebihan: Prosesor High-end super cepat, graphics card cukup tangguh memainkan banyak game modern, speaker cukup berkualitas, hard disk kapasitas besar.

Kelemahan/ Kekurangan: Tipe ini belum disertakan Windows OS, RAM relatif kecil dibandingkan dengan komponen utama lainnya, port USB 3.0 hanya 1 buah, baterai hanya 4-cell meski sudah menjadi standar laptop kebanyakan saat ini, resolusi layar belum FHD.



Terms: laptop asus 9 jutaan, laptop asus harga 9 juta, laptop gaming 9 jutaan 2015

2 COMMENTS

  1. Saya salah satu pengguna laptop ini, memang benar laptop ini salah satu yang cukup baik untuk bermain game namun masalahnya ya itu ram nya yang hanya 4 GB jadi perlu ditambahkan minimal jadi 8 GB

LEAVE A REPLY