Baru-baru ini ada smartphone terbaru Asus yang mendapatkan sertifikasi TENAA (otoritas telekomunikasi di China). Terpampang smartphone terbaru Asus yang desainnya tampak berbeda dibandingkan Zenfone 3 series. Sekilas, desainnya mirip dengan bahasa desain Galaxy C, atau iPhone? Ah, terlalu banyak ponsel kembaran sekarang.

Kode namanya Asus Z01HDA, dibekali layar besar 5.5-inch resolusi Full HD 1080p, serta chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang identik milik Zenfone 3 versi standard.

Berdasarkan data yang tertera, Asus Z01HDA dibekali pilihan RAM 2,3, dan 4 GB dengan pilihan kapasitas penyimpanan 16, 32, dan 64 GB. Dari foto, terlihat bahwa Asus Z01HDA dibekali dual-camera di belakang namun data yang tertera di TENAA hanya mencantumkan bahwa Asus Z01HDA dibekali kamera belakang 16 MP. Sedangkan dari data di Bluetooth SIG, ada smartphone Asus dengan nama Zenfone 3 Zoom Moniker yang dibekali dual-camera 12.2 MP dan 13 MP untuk kamera depannya.

asus-z01hda-front-back

Asus Z01HDA menggunakan OS Android Marshmallow, sangat wajar karena di pasaran pun baru sedikit sekali ponsel yang sudah menggunakan Android Nougat.

Hal yang menarik dari Asus Z01HDA selain fitur kamera yang tampaknya menjadi fitur unggulan Asus Z01HDA, adalah kapasitas baterai besar hingga 4850 mAh. Bahkan kapasitas tsb mengalahkan Zenfone 3 Max yang dibekali baterai 4130 mAh saja. Fitur Fingerprint dengan panel bundar tampak berada di tengah bagian atas cover belakang.

Dengan baterai kapasitas besar, bobot Asus Z01HDA mencapai 170g, memang lebih berat dibanding banyak smartphone lainnya, namun masih sangat wajar menimbang besarnya baterai yang dibawa. Dimensinya 154.3×77 mm dengan ketebalan 7.99 mm. Tersedia pilihan warna Navy Black, Luxury Gold, dan Crafts Silver. Sepertinya tren penamaan warna ponsel saat ini harus lebih unik dan kreatif, tidak cukup dengan “Blue”, harus “Real Blue” misalnya 🙂

Soal peluncuran dan harga Asus Z01HDA, belum ada informasi pasti. Jika melihat sepak terjang Asus selama ini, besar kemungkinan Asus Z01HDA akan dijual juga di Indonesia nantinya, hanya kemungkinan. Kita tunggu saja informasi lebih lanjut dan peluncuran Asus Z01HDA.

LEAVE A REPLY