Asus Zenfone 3 standar ini sudah bisa dibeli di Indonesia. Harganya 4,1 juta rupiah, bersaing dengan Galaxy J7 2016 yang 600rb lebih murah, Galaxy A5 2016 yang 500rb lebih mahal, LG X Cam yang juga 600rb lebih murah, Oppo F1s yang 300rb lebih murah, dan beberapa alternatif lainnya. Praktis tidak ada yang benar-benar sepadan dan sekelas dengan Asus Zenfone 3 (ZE520KL).

Asus Zenfone 3 ini juga adalah satu-satunya smartphone Android dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang sudah tersedia secara resmi di Indonesia. Chipset ini kelasnya berada di antara Snapdragon 617 (yang kurang lebih setara dengan performa Galaxy A5 2016) dan Snapdragon 652. Performanya berbeda cukup signifikan dibanding Snapdragon 617 namun tetap dengan bandrol yang tak terlalu mahal.

Desain Asus Zenfone 3 (ZE520KL) juga lebih cantik dan berkelas dibanding Zenfone 2 series. Bahkan dibanding Zenfone 3 versi lainnya (termasuk versi Deluxe), Asus Zenfone 3 yang paling standar ini tampak paling cantik dan enak sekali dipandang. Dari sini, sudah satu kelebihan yang dimiliki Asus Zenfone 3 (ZE520KL). Kalaupun ada rival yang menyamai, itu adalah Galaxy A5 2016.

Kelebihan Asus Zenfone 3 (ZE520KL)

Agar lebih mudah untuk melihat apa yang dimiliki Asus Zenfone 3 standar ini, kita akan bahas berdasarkan point kelebihan dan kekurangan smartphone ini.

Layar Berkualitas

Smartphone ini dibekali layar Super IPS+ 5.2 inci resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dengan brightness hingga 600 nits. Meski bukan AMOLED, kecerahan yang dimiliki layar Zenfone 3 bisa membuatnya tetap nyaman saat harus digunakan di luar ruangan.

Layar Zenfone 3 juga dilapisi Corning Gorilla Glass 2.5D, mendukung sentuhan 10 jari, dan memiliki sudut pandang luas 178?. Tak ketinggalan layar ini juga mendukung sentuhan saat tangan kita mengenakan Glove.

harga-asus-zenfone-3

OS yang digunakan juga sudah Android Marshmallow 6.0 dan menggunakan ZenUI 3.0.

Performa Tangguh

Inilah kelebihan Zenfone 3 yang tidak dimiliki rivalnya, yakni performa yang lebih kencang.

Berkat chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki CPU Octa-core 2.0 GHz dan GPU Adreno 506, lalu dipadu dengan memory RAM sebesar 3 GB, performanya melampaui para rivalnya yang sekelas bahkan yang lebih mahal. Pengujian performa menggunakan benchmark AnTuTu, Zenfone 3 standar ini mendapat score 62 ribuan, rival terkuat adalah Galaxy J7 2016 yang mendapat score 49-51 ribu. Kapasitas penyimpanan Zenfone 3 juga besar, 32 GB yang masih bisa ditambah menggunakan microSD card. Dengan performa yang dimiliki smartphone ini, berbagai aplikasi dan game bisa dimainkan dengan lancar. Baterainya memang tidak sebesar rival-rivalnya, namun Snapdragon 625 diklaim lebih irit daya sekitar 35% dibanding Snapdragon 617.

Fitur Kamera yang Berkelas

Fitur fotografi adalah fitur yang paling ditonjolkan oleh Asus di Zenfone 3. Di zaman yang serba visual ini, sektor fotografi menjadi semakin penting pada smartphone. Bahkan Zenfone 3 pun memilih “Built for Photography” sebagai tagline-nya.

kelebihan-dan-kekurangan-asus-zenfone-3

Dengan teknologi yang dinamakan PixelMaster 3.0, ponsel ini membawa kamera utama 16MP dengan sensor Sony IMX298 yang menggunakan 6-elemen lensa dan bukaan aperture f/2.0 untuk menghasilkan foto yang terang. Lensa tsb dilindungi oleh lapisan sapphire glass yang terkenal sangat kuat. Untuk kestabilan video, disediakan optical 4-axis dan electronic 3-axis Image Stabilization (OIS & EIS) untuk menghasilkan foto dan video tanpa blur.

Ingin menghasilkan video yang lebih berkelas? Zenfone 3 sudah mendukung untuk merekam video resolusi 4K UHD. Selain itu, dibekali juga fitur subject-tracking TriTech autofocus yang bisa mengambil focus hanya dalam waktu 0.03 detik. TriTech autofocus adalah teknologi yang menggabungkan 3 fitur autofocus yakni laser, phase detection dan continuous autofocus dalam satu kesatuan sehingga bisa menghasilkan focus yang super cepat.

fitur-asus-zenfone-3

Dengan PixelMaster 3.0, Zenfone 3 juga bisa mengambil foto resolusi tinggi 64MP (Super Resolution) serta fitur realtime HDR. Singkat kata, fitur kamera Zenfone 3 sudah sangat siap digunakan penggunanya untuk berkreasi dan have fun. Kamera depannya tak mau kalah, Zenfone 3 dibekali kamera depan 8 MP dengan aperture f/2.0 untuk menghasilkan foto selfie yang superb. Kamera depan ini bisa mengambil video resolusi 1080p.

Fingerprint Sensor yang Cepat

Zenfone 3 dilengkapi fitur keamanan yang efisien dengan sensor fingerprint yang berbentuk kotak memanjang dan mampu mendeteksi 5 jari serta bisa membuka kunci hanya dalam waktu 0.2 detik.

USB Type-C

Meski harganya masih di kelas menengah, Asus tak pelit untuk memberikan port USB Type-C di Zenfone 3 ini.

Sensor Lengkap

Selain Fingerprint sensor, Zenfone 3 juga dibekali sensor lainnya termasuk Accelerator/E-Compass/Gyroscope/Proximity sensor/Hall sensor/Ambient light sensor/RGB sensor/IR sensor.

SonicMaster 3.0 dan High-Res Audio Output

Asus dibekali speaker yang lebih berkualitas dan bisa menghasilkan suara lebih baik. Jika ingin mendapatkan yang lebih, maka gunakan earphone/headphone untuk mendapatkan output audio berkelas High-Res 24-bit/192kHz dari port audio 3.5mm.

Kekurangan/ Kelemahan Asus Zenfone 3

Slot microSD card berbagi dengan SIM 2: Ini bukan masalah berarti, namun anda tidak bisa menggunakan dual SIM dan microSD secara bersamaan, harus pilih salah satu.

Kapasitas baterai bisa lebih besar lagi: Zenfone 3 ZE520KL menggunakan baterai kapasitas 2650 mAh non-removable. Dengan ukuran layar lebih dari 5 inci, kapasitas baterai harusnya bisa mendekati bahkan hingga 3000 mAh. Namun jika baterai lebih besar, konsekuensinya bobot akan semakin berat.

Tanpa NFC: Mungkin bukan masalah yang terlalu berarti bagi sebagian pengguna.

Material kaca/glass akan terasa licin di genggaman: Meski tampak mewah, smartphone berbahan luar kaca akan kurang memiliki grip saat digenggam, dan juga lebih cepat kotor karena sidik jari.

Harganya bisa lebih murah: 4 juta rupiah mungkin sudah tergolong murah untuk fitur dan specs yang diberikan, namun melihat para rivalnya, seharusnya smartphone Asus ini bisa lebih murah dari bandrol saat ini.

Other facts:

Asus Zenfone 3 (ZE520KL) ditawarkan dalam dua versi berdasarkan storage, ada yang 32 GB dengan RAM 3 GB, dan 64 GB dengan RAM 4 GB, namun yang kami ketahui, untuk yang dijual di Indonesia saat ini hanya versi 32/3 GB. Sedangkan versi 64/4 GB digunakan di tipe Zenfone 3 (ZE552KL).

spesifikasi-asus-zenfone-3

Zenfone 3 ZE520KL memiliki dimensi 146.87 x 73.98 x 7.69 dengan bobot 144 gram. Bobot ini tergolong ringan jika dibandingkan rival-rivalnya.

Zenfone 3 dibekali fitur-fitur lain di antaranya; Dual SIM, 3G WCDMA, 4G LTE (kedua slot mendukung 3G/4G namun hanya bisa 1 saja yang terhubung ke internet dalam satu waktu), WiFi b/g/n/ac, WiFi Direct, Bluetooth v4.2, GPS, FM Radio, Tersedia dalam 4 pilihan warna; Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold, dan Aqua Blue.

Verdict: Desain Zenfone 3 ZE520KL sangat cantik, fiturnya menawan, serta performa hardware memadai. Meski memiliki kekurangan, namun bukan hal yang terlalu masalah bagi banyak orang. Harganya memang masih cukup terjangkau, namun adanya Galaxy J7 2016 yang lebih murah namun memiliki performa tidak terlalu jauh, membuat kita berharap, harga Asus Zenfone 3 ini bisa lebih terjangkau, come on, it’s an Asus right?

SHARE

LEAVE A REPLY