Ketika rata-rata vendor smartphone membandrol di atas 2 juta, 3 juta, bahkan lebih dari itu, Xiaomi menghadirkan Redmi 3 dengan spec tangguh yang kini bisa kita dapatkan dengan harga di bawah 2 juta rupiah saja.

Paket lengkap dan ideal untuk sebuah smartphone android lalu dijual dengan harga tsb tentunya sesuatu banget ya. Padahal hardware utamanya bisa bersaing dengan smartphone yang berharga jauh di atasnya. Tapi itulah Xiaomi, vendor asal China ini selalu mampu meracik smartphone keren dengan bandrol sangat terjangkau, bahkan untuk kelas flagship sekalipun, lirik Xiaomi Mi 5.

Harga Xiaomi Redmi 3

Dikarenakan Redmi 3 banyak dihadirkan oleh beberapa distributor, harga Redmi 3 sangat beragam di pasaran. Jika ketika awal Redmi 3 dijual di Indonesia bandrolnya berada di kisaran 2,2 juta rupiah, kini sudah turun cukup jauh.

Redmi 3 kini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 1.799.000 saja. Yup, 1,8 juta rupiah, maka kita sudah bisa membawa pulang smartphone android dengan octa-core processor dan fitur lain yang berkualitas di kelasnya. Harga normalnya berkisar di Rp 1.9 juta. Bahkan sangat mungkin beberapa penjual masih menjual dengan angka 2 jutaan. Lihat juga: Harga HP Xiaomi Semua Tipe.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

PMC tidak bosan untuk mengulas kelebihan Redmi 3 dibanding banyak rivalnya. Bagaimana tidak, smartphone ini terlalu murah untuk segala fitur dan komponen yang dibawanya. Specs utamanya termasuk Octa-core Snapdragon 616 processor, 2 GB RAM, 16 GB Internal storage, layar 5 inci HD, baterai jumbo 4100 mAh, dan semua itu dibungkus dengan bahan material metal. Tidak sulit menjadikan Redmi 3 sebagai smartphone android terbaik di bawah 2 juta saat ini.

LAYAR DAN BODY

Redmi 3 memiliki dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm dan bobot 144 g. Menimbang kapasitas baterai yang diusung, tentu Anda akan setuju bahwa bobot tsb tergolong sangat ringan. Ketebalan yang 1,5 di bawah 1 cm juga terbilang impresif.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

Layar yang digunakan adalah layar jenis IPS LCD berdiagonal 5.0-inch dan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Resolusi tersebut menghasilkan kepadatan piksel sekitar 294 ppi. OS yang digunakan masih Android Lollipop dengan user interface MIUI 7.0 khas Xiaomi.

HARDWARE REDMI 3

Seperti dikatakan sebelumnya, Xiaomi menggunakan chipset Octa-core dari Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 dengan clockspeed masing-masing Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Dengan GPU Adreno 405 dan RAM sebesar 2 GB, performa Redmi 3 sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian pada umumnya. Chatting, browsing, gaming, multitasking, dsb, sanggup dijalankan dengan lancar di redmi 3. Sebagai gambaran performa hardware yang diusung tsb, menggunakan benchmark AnTuTu score yang didapatkan berkisar di 34 – 35 ribuan.

Untuk menyimpan data, Redmi 3 dibekali kapasitas ROM 16 GB yang tentu sudah terpakai sebagian untuk OS. Jika dirasakan kurang, Redmi 3 masih bisa menampung kartu memory microSD pada slot SIM keduanya (hybrid).

Harga Xiaomi Redmi 3

Baterai adalah satu spec yang tidak bisa diabaikan sama sekali di Redmi 3. Meningkat jauh dibanding Redmi 2, kini baterai Redmi 3 menggunakan kapasitas 4100 mAh. Bukan hanya sekedar besar, melalui pengujian pun Redmi 3 terbukti bisa bertahan hingga hampir dua kali lipat dibanding kebanyakan smartphone 5 inch di kelasnya. Digunakan untuk tes browsing, Redmi 3 bisa bertahan hingga 15 jam lamanya. Sedangkan untuk menonton video bisa bertahan hingga kisaran waktu 17 jam, hanya 10 menit kurang dari 18 jam. Tentu daya tahan baterai ini kembali ke gaya penggunaan masing-masing termasuk perbedaan setting layar dan intensitas penggunaan aplikasi berat.

KAMERA REDMI 3

Menggunakan resolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, kamera utama Redmi 3 juga dibekali Phase-Detection Autofocus untuk mendapatkan foto lebih tajam dan fokus lebih cepat dan akurat. LED flash tentunya juga tersedia, begitu juga kemampuan rekam video hingga resolusi [email protected] Melihat hasil foto Redmi 3, hasilnya sudah sangat berkualitas di kelasnya. Lebih dari cukup untuk mengabadikan moment sehari-hari.

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

Kamera depan menggunakan resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Rekam video juga bisa dilakukan hingga resolusi [email protected] seperti halnya kamera utama. Lagi-lagi, melihat hasil fotonya pun sudah sangat baik di kelas harga 2 jutaan ke bawah. Hasil foto selfie tampak cukup tajam dengan detail yang kaya. Jika Anda tak suka detail, jangan khawatir karena banyak efek yang bisa diaplikasikan untuk mengambil foto selfie lebih dramatis. If you know what I mean. 

FITUR LAINNYA

Seperti seharusnya sebuah Redmi, smartphone ini dibekali fitur yang cukup lengkap demi mendukung aktivitas komputasi mobile penggunanya. Dimulai dari dukungan jaringan 4G LTE untuk mendapatkan koneksi internet super cepat. Tersedia juga fitur-fitur konektivitas termasuk WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, WiFi Direct, Bluetooth v4.1, Infrared, GPS, FM Radio, serta microUSB v2.0. Seperti khasnya Xiaomi, Redmi 3 juga dibekali sensor yang cukup lengkap termasuk Accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Dengan semua spesifikasi yang diusung Xiaomi Redmi 3, harga 1,8 juta rupiah adalah harga yang keterlaluan. Jika Anda mencari smartphone kelas menengah dengan harga murah, tak perlu ragu untuk memilih Redmi 3. Namun jika ada hal lain yang menjadi faktor penting Anda memilih smartphone, tentu masih banyak alternatif lain yang jujur saja menurut kami masih belum semenarik Xiaomi Redmi 3 ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 3

  • Layar tergolong baik di bawah sinar matahari di banding rival sekelasnya.
  • Performa hardware termasuk mencukupi dan bersaing dengan smartphone lain harga 3 jutaan hingga 5 juta rupiah.
  • Hasil kamera tergolong memuaskan.
  • Sensor dan fitur-fiturnya relatif lengkap.
  • Body metal.
  • Baterai sangat besar dengan daya tahan yang baik.
  • Bobot relatif ringan untuk specs yang diusung.
  • Harga keterlaluan murahnya.

Sedangkan untuk kekurangan Redmi 3, kami lihat sangat relatif seperti tidak adanya NFC, baterai yang tak bisa dilepas, motif belakang yang mungkin tidak disuka sebagian orang, serta UI yang juga tidak semua pengguna suka. Overall, Xiaomi Redmi 3: Highly recommended. 

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY